Se’i Sapi Sambal Matah

Jumpa lagiiii..

Setelah lama tak bersua kini saya hadir lagi bersama resep baru hasil modifikasi dari warisan resep nusantara. Kalau di sisi bagian barat a.k.a wild west sono terkenal cara masak daging asap (smoked beef), sebenarnya di Indonesia juga teknik masak ini sudah dikenal sejak dulu.

Pengasapan adalah proses memberi asap (nah lho) terhadap makanan. Jaman purba dulu, teknik memasak ini sebenarnya ditemukan tanpa sengaja. Karena di goa nggak ada cerobong asap, maka api yang dibuat asapnya ya nggak kemana-mana. Nah, nenek moyang kita dulu sudah mengenal teknik menyimpan daging dengan cara menggantungnya sehingga kadar airnya berkurang — jadi nggak cepat basi. Eh, ternyata ketika dibawahnya ada api dan kena asap, walaupun nggak kena panas langsung, tapi daging jadi lebih awet dan malah rasanya jadi enak.

Itulah sejarah singkat daging asap, atau yang di daerah timur Indonesia dikenal dengan Se’i. Oh ya, makanan juga erat dengan bahasa. Kita mengenal peribahasa “jauh panggang dari api”, ini terjemahan harfiahnya sih mungkin sih artinya smoked beef kali ya :p (ini saya ngawur, percayalah).

Oke, sebelum jari keriting dan nggambleh kemana-mana, karena tulisan ini segera harus disubmit gara-gara saya janji kasih resep di siang ini –ceritanya saya bakal tayang live di KompasTV memasak menu ini sih.

Disclaimer dulu: resep ini adalah hasil modifikasi agar mudah dimasak oleh kaum urban dan kelas menengah ngehe, jadi ya jangan harap akan melihat saya bikin api terus ngasepin daging ya. Plz.

Se'i Sapi Sambal Matah

Ingredients

Se'i Sapi

  • 300 gram Daging Sapi iris tipis (daging shabu-shabu
  • 10 ml Asap Cair (liquid smoke)
  • 5 gr garam kasar
  • 5 gr merica
  • 5 gr lada hitam
  • 20 ml minyak kelapa

Sambal Matah

  • 1 batang serai
  • 2 butir tomat ukuran sedang
  • 4 butir bawang merah
  • 1 lembar daun jeruk
  • 5 butir cabe rawit merah

Sauteed Okra

  • 150 gr Okra
  • 2 butir bawang merah
  • garam
  • merica

Instructions

Sambal Matah

  1. Iris tipis bawang merah, cabe merah, serai, dan daun jeruk

    Potong dadu tomat

  2. Campurkan semua bahan dan tambahkan minyak kelapa, dan beri sedikit garam. Selesai.

Se'i Sapi

  1. Campur garam kasar, lada hitam dan merica dengan perbandingan 1:1:1

  2. Letakkan daging pada piring yang lebar, dan taburkan campuran garam lada merica, lalu tuangkan asap cair (liquid smoke). Tunggu sekitar 10 menit agar merata.

  3. Panaskan wajan dengan minyak kelapa, sedikit saja tapi merata seluruh wajan, hingga timbul asap (artinya udah panas jeung)

  4. Letakkan daging melebar pada wajan yang panas ini. Karena daging ini tipis, maka sebaiknya tidak terlalu lama. Beberapa orang lebih suka daging hingga kering, kalau saya lebih suka yang masih empuk. Masak-angkat segera dalam beberapa batch. Kalau terlalu kering, bisa ditambahkan minyak kelapa lagi.

Sauteed Okra

  1. Potong Okra membujur. Jenis potongan ini sangat penting untuk menghilangkan lendir dari bahan makanan ini. Biasanya sih ini yang bikin orang males makan soalnya.

    Potong bawang merah jadi 2 bagian -- jangan diiris tipis.

  2. Masak Okra di bekas wajan masak se'i sapi tadi. Sisa juice dari daging asap yang mengkaramel akan menambah flavor dari Okra ini. Masukkan bawang merah bersamaan, lalu tambahkan garam dan lada secukupnya.

Finale

  1. Letakkan se'i sapi di piring lebar, lalu tuangkan sambal matah diatasnya.

    Tata Okra di sekitar Se'i Sapi Sambal Matah tersebut. Fungsi Okra selain jadi sayurnya, juga bikin warnanya cerah -- merah tomat, coklat daging, ijo okra. Cantik kan.

Nah, seperti yang saya sampaikan di disclaimer diatas — proses pengasapan yang biasanya dilakukan berjam-jam; dengan teknologi asap cair maka bisa dipersingkat jadi 10 menit saja saudara-saudaraa..

Oh ya, disclaimer lagi; kali ini saya tidak benar-benar menghitung atau menimbang bahan baku yang saya tulis di resep atas itu sih, jadi — feel free untuk menambah atau mengurangi bahannya ya. Kayaknya sih juga kalau buat 4 orang kurang juga sih :p

Okay then, see you!

Update:
Ternyata beneran live tadi pagi saudara2!

 

Hit enter to search or ESC to close