Kulina — Rahasia Kecil Anak Kantoran di Jakarta

Di setiap jam makan siang di kantor-kantor bergedung tinggi di Jakarta; tampaknya– semua orang berhamburan keluar berburu makan siang. Berpacu dengan sesama anak kantoran segedung menuju lift yang antriannya tidak terdeteksi Google Maps.

antri lift buat makan siang

Kalau ngga cepetan ya macet beneran.

Dua Kubu Anak Kantoran

Tapi kalau kita perhatikan, ada kubu yang memilih untuk tetap tinggal di dalam kantor, karena mereka memilih menggunakan jasa pesan antar makanan.

“Bukan aku yang harus repot berburu, tapi makanan yang harus datang padaku” begitu pikir mereka.

Dalam kubu ini, masih terbagi dengan mazhab pesan mepet deket jam makan siang, dan ada aliran langganan katering harian.

Penganut mazhab pesan mepet, biasanya terdeteksi dengan muka-muka cemas sambil bolak balik ngecek layar hape sambil merutuki
“Kok nggak gerak-gerak sih ini abangnya, katanya makanan udah otw @!^)%#%@!^*”

antrian ojol sepanjang jalan

..mereka ngga tau aja bagaimana panjang mengularnya antrian abang ojol di setiap restoran saat jam makan siang..

Aliran langganan katering harian, tampak lebih santai. Biasanya makanan mereka sudah datang duluan. Satu perusahaan bernama Kulina yang menyediakan layanan ini bahkan menjamin makanan sampai sebelum makan siang, kalau telat 1 menit saja — duitnya dikembalikan. Katanya sih namanya┬á“Cara baru makan siang”.

Kulina bisa dikatakan cukup populer di kalangan anak kantoran di Jakarta. Tumpukan kotak makan berlogo perusahaan ini bisa ditemui hampir di seluruh gedung di kota metropolitan berpopulasi 10jt orang ini.

Apa itu langganan katering harian?

Alih-alih pesan lewat aplikasi ojol setiap kali lapar atau on-demand, konsumen melakukan pemesanan awal atau pre-order. Menunya pun sudah ditentukan oleh penyedia jasa. Dengan begini, produksi makanan bisa lebih efisien, dan pengantaran juga bisa efektif karena rute pengantaran sudah diatur dari malam sebelumnya.

Dengan metode ini, konsumen bisa membayar lebih murah, dengan resiko makanan telat karena macet atau nunggu dimasak yang jauh lebih kecil. Ribetnya, kalau ada hari langganan dimana kita harus ngantor atau meeting di luar. Makanan yang kadung datang dipesan jadi mubazir nggak kemakan.

Kenapa Kulina begitu populer di anak kantoran, dan apa itu “Cara baru makan siang”?

Karena dengan Kulina, jadwal pengantaran bisa sangat fleksibel, dimana konsumen bisa suka-suka memindah jadwal hari antar, tanpa harus kehilangan jumlah hari langganan yang telah dibayarkan.

Kalau besok ada jadwal meeting keluar, tinggal klik “SKIP” di website Kulina, halaman pengaturan langganan. Kalau ternyata nggak jadi meeting, tinggal “UNSKIP” saja.

Alasan selanjutnya adalah karena Kulina menjamin kalau makanan sampai telat duitnya bakal dikembalikan dengan slogan “Noon or Free”.

Alasan lainnya? Karena harganya cuman mulai dari Rp 25,000 per makan sudah termasuk ongkir, masih dikurangi kembalian kalau ada temen segedung yang ikut langganan. Dibanding makan di restoran atau pake layanan on-demand, jauh lebih murah.

Bisa dikatakan kalau Kulina adalah versi penyempurnaan dari layanan langganan katering harian, sesuai dengan klaim mereka — “Cara baru makan siang”.

Apa saja menu di Kulina?

Kulina memiliki beberapa jenis paket langganan. Dari yang basic paket mengenyangkan dengan 60+ lebih jenis menu yang berganti setiap harinya, sampai paket makanan sehat yang tanpa MSG dan goreng-gorengan dengan kalori minimal. Semuanya sudah termasuk biaya kirim.

Selain itu, ada juga paket dari beberapa restoran pilihan, dimana konsumen bisa memilih untuk langganan ke restoran tersebut. Setiap menu setiap harinya dijamin adalah menu andalan restoran tersebut.

Berapa sih harganya?

Harga paket di Kulina mulai dari Rp 25,000 per hari sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh Jakarta dan sekitarnya. Ada tambahan diskon untuk yang langganan lebih dari 10 hari, dan kembalian (cashback) sampai Rp 5,000/porsi buat pelanggan yang punya temen segedung yang sama-sama langganan Kulina.

product menu healthy — yang pake nasi banyak juga kok ­čśÇ

Langganan bayar di depan? Kalau nggak enak gimana?

Kalau memang tidak cocok menunya atau ada keluhan — bisa stop berlangganan sewaktu-waktu. Sisa saldo yang tidak terpakai bisa direfund penuh tanpa penalti apapun.

Ada diskon buat coba dulu nggak?

Ada nih — pake link ini bakalan diskon Rp 25,000 buat langganan pertama kali ya..

Hit enter to search or ESC to close