Cara menyewakan apartemen atau rumah lewat airbnb dan mendapat jutaan rp per minggunya.

Menyewakan apartemen dan rumah melalui Airbnb

Artikel ini adalah mengenai cara menyewakan apartemen atau rumah melalui platform Airbnb, dan menghasilkan penghasilan sambilan yang lumayan.

Berawal dari diskusi di salah satu group alumni UGM (KAGAMA), awalnya saya bercerita tentang pengalaman mempunyai kerjaan sambilan menjadi (co) host di Airbnb — yang hasilnya lumayan.

Karena lalu banyak yang japri dan bertanya proses dari awal buat berbisnis ini, jadi sekalian deh, saya bikin panduan ini biar nanti kalau ada yang tanya lagi, tinggal refer ke artikel ini 😀

Oh ya, panduan ini ditujukan bagi yang benar-benar baru memulai menjadi host di Airbnb –walaupun mungkin bagi Anda yang sudah berpengalaman; mungkin ada satu-dua tips yang bisa diambil dari sini.


Cara menyewakan apartemen atau rumah melalui Airbnb

1. FAQ

Apa itu Airbnb?
Gampangnya Airbnb itu mirip seperti situs booking hotel seperti Traveloka dan Booking.com, tapi disini yang di tawarkan adalah rumah / apartemen / kondominium pribadi.

Siapa penulis panduan ini?
Penulis sejak 6 tahun yang lalu sudah menggunakan Airbnb di lebih dari 10 negara, dan sejak 2 tahun terakhir mulai “ngehost” di Airbnb sebagai sambilan, dengan occupancy rate 70-80% per bulan

Buat siapa panduan ini ditujukan?
– Yang punya apartemen atau rumah nganggur dan selama ini dikontrakkan tapi hasilnya nggak seberapa
– Yang punya apartemen setengah nganggur (kadang ditinggali, kadang nggak) dan ingin dapat extra income ketika pas nggak lagi ditinggali
– Yang berminat berinvestasi jangka panjang dalam bentuk properti (apartemen), tapi juga ingin langsung dapat duit cash dari penyewaan properti harian/mingguan

Kondisi apa panduan ini bisa sangat efektif dan maksimal?
– Ketika lokasi rumah/apartemen relatif dekat/terjangkau dengan obyek wisata atau pusat keramaian (indikatornya: ada hotel di sekitar lokasi apartemen/rumah Anda)

Apakah jika rumah/apartemen jauh dari mana-mana, bakal nggak laku?
– Bisa saja laku, jika memang cukup unik (desainnya bagus, fasilitas menarik etc) — tapi perlu extra effort.

Apa bedanya keunggulan dan kekurangan menyewakan apartemen/rumah lewat Airbnb dengan agen biasa?
Keunggulan:
– Bisa seenak-enaknya menentukan mana hari yang mau disewakan, mana yang mau dipakai sendiri.
– Jika dikelola dengan benar mengikuti panduan ini, hasilnya bisa berkali lipat dibandingkan disewakan bulanan atau tahunan.
Kekurangan:
– Harus menjadi orang yang ramah untuk berkomunikasi dengan berbagai jenis tamu dari berbagai belahan dunia. Lebih banyak tamu yang menyenangkan, walaupun kadang ada 1-2 yang ingin bikin kita rasanya berkata kasar.

2.  Hal-hal yang perlu dilakukan sebelum menyewakan apartemen di Airbnb

Sudah siap menjadi host dan dapet duit dari menyewakan apartemen rumah Anda?
Berikut yang harus dilakukan dan diperhatikan sebelum memulai hosting!

2.0. Mencoba menginap menjadi tamu di Airbnb 

Jika Anda belum pernah sama sekali menggunakan Airbnb, saya sarankan untuk mencoba dulu menginap di salah satu unit yang disewakan di Airbnb. Anda bisa mendapatkan gratis credit senilai $26 yang bisa digunakan untuk menginap dengan mendaftar di link ini

2.1. Menghitung estimasi harga dan pendapatan Anda di Airbnb

Sama seperti hotel, estimasi harga sewa yang bisa Anda terapkan tergantung dari 3 hal:
1) Lokasi
2) Fasilitas (kolam renang, gym, etc)
3) Banyaknya tamu yang bisa diakomodasi

Caranya untuk mencari tahu diantara lain adalah dengan membuka situs Airbnb dan memasukkan daerah lokasi unit Anda, beserta jumlah tamu untuk melihat harga unit lain yang ada disekitar.

Cara lain adalah dengan mencari tahu berapa harga per malam untuk hotel budget yang ada di sekitar Apartemen/rumah Anda.

2.2. Hubungan dengan manajemen apartemen

Pada beberapa apartemen, menyewakan harian dipandang sebagai aktifitas yang berisiko tinggi dan enggan menyetujui hal ini.
Hal ini disebabkan karena (1) manajemen tidak mengerti bahwa ada proses filtering dari airbnb sendiri dan profiling yang bisa kita lakukan ketika menerima tamu, atau (2) mereka kehilangan potensi untuk dapat komisi sebagai agen sewa.

Biasanya hal ini tidak terjadi, toh apartemen adalah milik anda pribadi dan secara hukum boleh-boleh saja untuk dipakai orang lain, tapi tidak ada salahnya untuk mengecek dan memastikan hal ini.

Tips: Diskusikan ke manajemen apartemen bahwa kadang-kadang Anda akan menerima tamu (dan/atau saudara) dari luar negeri, dan mereka akan tinggal disitu sementara tanpa kehadiran Anda. Berikan kesan bahwa tamu yang datang memang sudah Anda kenal, dan Anda akan bertanggung jawab atas segala yang dilakukan oleh tamu-tamu Anda.

2.3. Menyulap apartemen/rumah Anda untuk siap disewakan di Airbnb

Ada 2 hal utama yang membuat tamu lebih memilih Airbnb dibandingkan dengan tinggal di hotel, yaitu (1) bisa nyuci sendiri dan (2) bisa masak sendiri.

Oleh karena itu, mempunyai mesin cuci dan dapur+peralatan masak adalah esensial. Selain membuat unit Anda lebih diminati, juga membuat nilai jual lebih tinggi.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa semakin banyak tamu yang bisa diakomodasi, maka nilai jual unit Anda dalam menyewakan apartemen akan lebih tinggi. Beberapa host bahkan mencoba memasukkan sebanyak mungkin orang dalam unitnya dengan menggunakan bunkbed (ranjang tingkat) sehingga dalam 1 kamar bisa berisi 5-6 orang — tapi menurut saya, sebaiknya setiap kamar diisi maksimal 3 orang dewasa (atau 2 dewasa + max 2 anak kecil) saja.

Mengubah unit menjadi Airbnb ready adalah pekerjaan yang cukup melelahkan apabila tanpa persiapan yang matang. Penulis mengalami sendiri bolak balik ke ace hardware, supermarket dan toko yang lain karena tidak memiliki panduan mengenai apa saja yang harus dibeli untuk mengisi apartemen. Belajar dari pengalaman ini, saya sertakan shopping list sehingga Anda bisa merencanakan belanja dengan taktis dan bisa selesai dalam waktu 1-2 hari saja.

Download shopping list di link ini

(link nyambung ke google sheet)

2.4. Catatan penting

Hal esensial untuk generasi jaman now ada 2; ga boleh putus koneksi, dan ga boleh abis batere.

Hal lain ketika mereka bersantai di unit Anda, adalah TV kabel. Pastikan unit Anda memiliki wifi hotspot, ada colokan USB di setiap ruangan (banyak dijual dimana-mana sekarang), dan sebagai nilai plus — TV yang anda pasang memiliki saluran kabel untuk film holywood.

Selain itu, pastikan bahwa apartemen/rumah Anda menyandang status instagrammable atau menarik difoto. Ingat, tamu hanya bisa melihat “jualan” Anda melalui foto-foto yang terpampang di situs/aplikasi Airbnb. Keputusan untuk menyewa paling banyak ditentukan oleh bagus atau tidaknya foto unit Anda, sehingga keberhasilan menyewakan apartemen juga sangat ditentukan oleh ini.

Jadi, ketika Anda berbelanja barang/furniture, selain fungsi — juga perlu diperhatikan estetika. Contohnya: kulkas dan microwave; beda sedikit harganya bisa dapat yang metallic sehingga berkesan mewah. Contoh lain adalah hiasan dinding; tidak perlu lukisan mahal, tapi harus unik dan menarik untuk difoto.

3. Wohooo unit saya sudah ready! Lalu bagaimana?

3.1. Foto

Cobalah melihat dari sudut pandang tamu. Apa saja yang penting buat mereka? Tonjolkan fasilitas dan keunggulan yang unit Anda punya.

Checklist untuk membantu sebagai panduan apa yang harus Anda foto:

  1. Fasilitas publik yang dimiliki — kolam renang, gym, lift, lobby, etc.
  2. Hal unik sebagai pembeda — misalnya: bisa melihat pemandangan gunung atau skyscrapper yang indah, maka wajib masuk sebagai foto.
  3. Foto ruangan dan fasilitas dalam unit Anda sendiri — fotolah segala ruangan dan highlight fasilitas yang ada
  4. Hal-hal lain yang penting dari sudut pandang tamu — ini akan berbeda-beda setiap unitnya.

Untuk foto ruangan, saya menyarankan untuk menyewa teman Anda yang berprofesi sebagai fotografer (semi) profesional. Kuncinya sebenarnya adalah lensa yang cukup bagus untuk bisa memperlihatkan seluruh sudut ruangan dan memberi kesan bahwa unit Anda terlihat luas dan lapang. Kamera HP biasanya tidak bisa memberikan hasil seperti ini.

3.2 Bikin akun hosting di Airbnb

Langkah berikutnya adalah membuat akun di airbnb untuk hosting. Klik link berikut ini:

www.airbnb.com/r/afajarhandika

— disclaimer: saya akan mendapatkan credit ketika Anda mendaftar melalui link tersebut. In return, saya juga bersedia buat bantuin konsultasi gratis di sela-sela waktu saya 😉

Seharusnya di situs airbnb tersebut cukup self explanatory . Anda juga bisa mencontoh gaya bahasa penulisan listing-listing yang lain (pilih yang ratingnya sudah banyak dan positif)

4. Penutup

Masih cukup banyak tips-tips untuk hosting level advanced yang belum saya sampaikan di artikel ini, contohnya saja variable pricing untuk menaikkan occupancy rate dengan harga yang naik turun menyesuaikan dengan hotel di sekitar unit Anda (occupancy unit yang saya kelola saat ini 70-80% per bulan– sebelum menerapkan ini keberhasilan saya menyewakan apartemen cuman 40-50% saja rate-nya)

Atau, tips bagaimana agar proses check-in tamu bisa otomatis (nggak perlu setiap saat ketemu dengan tamu) yang lumayan menyita waktu Anda nantinya.

Tetapi goal dari artikel ini adalah untuk menjadikan unit Anda Airbnb-ready, dan segera memulai untuk hosting dan mendapat profit.

Jika Anda memang sama sekali belum familiar dengan platform Airbnb, saya sarankan untuk mencoba menjadi tamu terlebih dahulu untuk

Silahkan hubungi saya langsung jika memang ingin konsultasi lebih lanjut — atau bahkan jika ada kemungkinan bekerjasama.

*Link penting:
Gratis voucher $26 untuk menginap di Airbnb pertama kalinya

Daftar jadi Host Airbnb

Hit enter to search or ESC to close