Ayam Panggang & Brokoli Anti Gagal

Roasted Chicken & Broccoli

via Instagram https://ift.tt/2NXg32H

Menunaikan janji di instagram untuk posting resep hasil masakan kemarin pagi. Silahkan pemirsaaaa

Roasted Chicken & Broccoli

Resep ayam dan brokoli panggang anti gagal, dengan bumbu minimalis. Membutuhkan pan dan oven.

Course Main Course
Cuisine Fusion, Indonesian
Keyword ayam bakar, ayam panggang, roasted broccoli, roasted chicken
Prep Time 10 minutes
Cook Time 20 minutes
Total Time 30 minutes
Servings 2 orang

Ingredients

Bahan Utama

  • 400 gr Ayam Potong atau 6 potong (1 ayam dipotong 12)
  • 1 bungkul Brokoli ukuran 150-250gr

Bumbu & Tambahan

  • 1 sdt lada hitam atau secukupnya
  • 1 sdt garam atau secukupnya
  • 6 siung bawang putih pilih yang besar, cacah.
  • 2 sdm olive oil
  • 2 sdm minyak sawit/vegetable oil
  • 20 gram butter unsalted

Instructions

Siap-siap

  1. Potong ayam menjadi 12 potongan (atau beli saja bagian paha/dada). JANGAN BUANG KULITNYA PEMIRSA. Iya, walaupun Anda nggak suka kulit dan ngga makan kulit, buat proses masak please please jangan dibuang dulu, buangnya pas di piring aja — percayalah.

  2. Bumbui dengan lada hitam dan garam. Selalu gunakan lada hitam yang masih utuh dan tumbuk ketika dipakai. Perbandingan garam dengan lada hitam = 1:1.

  3. Potong brokoli seukuran manusiawi untuk sekali hap. Selalu belah jadi dua sehingga di bagian batang, hingga ke bunganya. Tidak dibelah akan mengakibatkan brokoli keras di bagian batang ketika akan dimakan.

  4. Lumuri brokoli dengan olive oil, lalu taburkan garam+lada hitam dan cacahan bawang putih. Tadi ada 6 siung kan, cukup dipakai separo saja — sisanya nanti buat ayam.

Mari Mulai Masak

  1. Panaskan minyak sawit di wajan anti lengket. Cukup gunakan kira-kira 2 sendok makan saja, nggak usah banyak banyak. 

  2. Kalau sudah panas, kecilkan sedikit apinya, lalu masukkan potongan ayam. KULIT DIBAWAH YA PEMIRSA (maaf lupa motret). Fungsi dari langkah ini adalah agar kulitnya cihuy crispy nya, dan melindungi agar dagingnya nggak kehilangan cairan a.k.a jadi kering.

    Biarkan kira-kira 5 menit sampai kulit berubah warna kecoklatan.

    Sembari masak ayam di wajan, panaskan oven dengan suhu 200ºC

  3. Baliklah potongan ayam ini, kalau Anda melihat kulit ayam sekarang di atas, berarti udah bener proses pembalikan ayamnya. Cukup kira-kira 3 menit saja. Lalu tiriskan, dan sisihkan minyaknya.

  4. Masukkan ayam ke dalam oven. Gunakan baking sheet atau alumunium foil sebagai alas. Saat ini ayam sudah matang di luar, tapi di dalamnya belum matang. Fungsi oven adalah mematangkan bagian dalamnya menggunakan perantara udara panas. 

    Lazy tip: Sekalian masukkan juga brokoli untuk menghemat waktu dan alasan kepraktisan selama 15 menit

    Pro tip: Masukkan brokoli 5 menit kemudian, dan naikkan suhu jadi 220-240ºC. Idealnya brokoli butuh waktu yang lebih cepat tapi dengan suhu yang lebih tinggi. Ayam 15 menit, Brokolinya 10 menit.

  5. Sementara menunggu ayam matang, boleh bikin kopi dulu — ngecek email atau posting IG Story dengan hastag #cookingandy dan mention saya di @talkinandy :p

  6. Panaskan kembali pan, lalu masukkan cacahan bawang putih bersama dengan butter. Tunggu hingga butter meleleh, berpadu dengan bawang putih. Niscaya wanginya sampai ke hidung tetangga.

  7. Keluarkan ayam dari oven (udah mateng nih) — lalu masukkan ke dalam pan. Langkah ini diperlukan untuk mengembalikan struktur crispy di bagian luar ayam, dan efek coating rasa yang mantap dari garlic+butter.

    Gunakan sendok untuk melumuri seluruh bagian ayam dengan butter ang sudah meleleh ini. Pastikan ayam sudah kembali crispy, lalu angkat. Kira-kira cukup 3 menitan saja.

  8. Itu tadi brokolinya juga udah matang, jangan sampai ketinggalan di oven.

    Sajikan bersama.

    Pro tips: Untuk keperluan visual media sosial Anda — karena menu ini warnanya cuman coklat sama ijo tok, maka berilah garnish berwarna merah, contohnya cabe iris. Fotolah lalu uploadlah, pemirsa.

Hit enter to search or ESC to close