20 Tips untuk mendapat tamu pertama kalinya saat hosting AirBNB

Anda sudah mendaftarkan apartemen/rumah Anda, dan menjadi host di AirBNB tapi masih bingung cara kerjanya — atau belum ada tamu sama sekali?

Artikel ini adalah mengenai  20 tips untuk para host baru agar mendapatkan tamu pertama Anda. Jika Anda ingin tahu caranya menjadi host, saya sarankan untuk baca artikel saya sebelumnya ini  –>

Cara menyewakan apartemen dan rumah di AirBNB

Bagi yang sudah menjadi host — berikut tipsnya:

  1. Isi semua kolom
    • Isilah semua kolom informasi pada listing Anda dengan jujur. Resiko mendapatkan review negatif kalau anda bohong sangat tinggi.
  2. Get Verified
    • Masukkan semua verfikasi sebanyak mungkin — Government ID (KTP/Paspor), LinkedIn, Facebook, semuanya.
  3. Pakai Foto yang ramah
    • Di profile Anda, pakailah foto profile yang terlihat ramah, dan tuliskan beberapa hal yang baik — dan tentunya jujur tentang diri Anda. Beberapa orang menggunakan foto bersama pasangan, ini bisa juga membuat Anda terlihat “lebih ramah”
  4. Judul yang jelas dan menjual
    • Buatlah judul yang jelas dan menjual di listing Anda. Jika ada event menarik, tuliskan juga di deskripsinya. Sebutkan juga hal-hal yang menjual dari sudut pandang turis, misalnya “Dekat dengan stasiun”, atau “Tepat di pusat kota”.
  5. Harga lebih murah dari sebelah
    • Cek harga listing sejenis dengan fasilitas setara di dekat lokasi listing Anda. Pastikan harga Anda lebih murah.
  6. Upload foto yang bagus dan banyak
    • Upload foto yang banyak dan yang bagus, minimal 20 foto. Jika memungkinkan, gunakan fotografer profesional dengan lensa yang membuat ruangan tampak lebih luas. Sebaiknya gunakan ratio landscape 3:4 untuk setiap foto.
  7. Tulis Judul di setiap foto
    • Tulis judul atau caption atas seluruh foto yang di upload. Judul harus menjelaskan tentang foto tersebut dan juga relevan.
  8. Basic Amenities
    • Pastikan Anda memberikan “basic amenities” — belilah setrika dan hair-dryer jika belum ada di listing Anda.
  9. Amenities yang maksimal
    • Sediakan sebanyak mungkin “amenities” semampu Anda. Semakin banyak “amenities” yang ditawarkan, semakin menarik listing Anda.
  10. “Business Ready” listing
    • Siapkan amenities untuk “business ready” listing. Status ini akan memberi peluang lebih tinggi untuk disewa, terutama jika lokasi listing Anda ada di kota besar (bukan daerah turis)
  11.  Mulai dari harga rendah
    • Mulai dari harga yang rendah dulu. Ingat, pertama kali yang Anda harus kejar adalah jumlah review positif. Setelah itu tercapai, Anda bisa menyesuaikan harga belakangan.
  12. Setting yang “memudahkan” konsumen
    • Mulai dengan setting yang “santai”. Harga lebih murah, bisa di-cancel sampai 1 hari sebelum hari H, aturan rumah yang tidak terlalu banyak dan ribet, dll.
  13. Menerima inap 1 malam
    • Mulailah dengan menerima inap 1 malam. Mungkin ini bikin repot Anda, tapi di awal-awal memang harus ada ekstra pekerjaan untuk mendapatkan tamu
  14. Ramah
    • Jadilah host yang ramah! Cara kerja AirBNB merekomendasikan listing ke tamu ditentukan oleh banyaknya rating, dan tamu potensial juga akan lebih suka melihat listing yang ratingnya banyak dan positif.
  15. Rekomendasi teman
    • Mintalah rekomendasi dari teman. Konekkan akun AirBNB dengan Facebook, dan minta teman Anda menulis beberapa hal positif tentang kamu sebelum kamu dapat “review beneran” dari tamu.
  16. Jangan batalkan reservasi
    • Jangan sekali-kali meng-cancel tamu yang sudah melakukan reservasi yang diterima (confirmed reservation). Sekali ini dilakukan, Anda akan mendapat penalti tidak bisa mendapat status “superhost” selama 6 bulan.
  17. Balas cepat chat
    • Reply secepatnya untuk setiap pesan yang Anda terima dari tamu. Selain memberikan sinyal ke AirBNB bahwa Anda adalah host yang aktif, tamu juga akan sangat menghargai dan memberikan poin postitif agar mereka segera melakukan booking. Kalau misalnya Anda belum punya jawaban atas pertanyaan mereka, jawablah “Terimakasih, saya akan segera memberikan info secepatnya”.
  18. Add to Wishlist
    • Mintalah teman-teman Anda dan tamu untuk meng-klik tombol “love” atau “add to wishlist”. Ini akan membuat listing Anda lebih sering muncul di hasil search tamu.
  19. Instant Book
    • Aktifkan “Instant-Book”. Ini juga membuat listing Anda akan muncul lebih atas dibandingkan yang lain, juga memberikan perbedaan di logo listing yang berdampak positif ketika muncul di peta pencarian.
  20. Superhost status!
    • Secepat mungkin raihlah status “Superhost”. Ini memberikan dampak positif yang signifikan di mata tamu.

Yak! Berikut tips yang sudah penulis lakukan sendiri, dan terbukti efektif mendapatkan tamu dengan occupancy ratio > 70% setiap bulannya.

Belum pernah sama sekali menggunakan AirBNB?

>> Gunakan link ini untuk mendapatkan gratis saldo $26 untuk menginap pertama kalinya <<

Artikel sebelumnya:

Cara menyewakan apartemen dan rumah di AirBNB

 

Hit enter to search or ESC to close